BERITA
You are here : Home Detail Berita Perpisahan Kelas XII SMK Nur Azizi T.Morawa TP. 2017/2018
Perpisahan Kelas XII SMK Nur Azizi T.Morawa TP. 2017/2018

Perpisahan Kelas XII SMK Nur Azizi T.Morawa TP. 2017/2018

Berpisah atau perpisahan sudah menjadi hukum alam dalam kehidupan setiap kita. Terkadang kita secara manusiawi tidak siap menghadapi realitas sunnatullah peristiwa perpisahan. Perpisahan selalu menumbulkan rasa sedih dan ketidaknyamanan dengan diiringi air mata.

Perpisahan sekolah merupakan hal yang spesial karena semuanya berkumpul untuk merayakan satu kemenangan sekaligus berpisah. Perpisahan yang terjadi dengan tujuan agar kita bisa meraih pendidikan yang lebih baik dan lebih tinggi lagi. Semuanya demi masa depan yang lebih baik. Perasaan yang dirasakan pastinya bercampur aduk. Ada yang sedih, senang dan sebagainya. Tapi ini semuanya pasti membawa makna sendiri bagi kita semua.

Perpisahan memang  bukanlah sesuatu yang harus ditakuti dan diratapi secara mendalam. Perpisahan harusnya memberikan banyak pelajaran, seperti lebih terbuka memahami dan menghargai arti seseorang serta mampu memaknai hidup yang sebenarnya. Kita bertemu untuk sebuah pelajaran dan berpisah  juga menyisakan pelajaran, sembari mengatakan bahwa “ Hidup ini memang berharga”.

Sudah menjadi tradisi bagi SMK Nur Azizi Tanjung Morawa melakukan acara perpisahan bagi kelas XII yang sudah menamatkan jenjang studinya di sekolah.

Dimana acara tersebut telah di laksanakan pada hari sabtu, tanggal 28 April 2018 di halaman sekolah Yayasan Pendidikan Nur Azizi Tanjung Morawa. Yang di hadiri oleh Ketua Yayasan, Bapak Drs. H. Mansur M. Nasution, M.Pd beserta istri, dan juga segenap jajaran Kepala Sekolah SMK, maupun SMA/SMP, beserta para staff dan guru dan diikuti oleh para siswa/i kelas dua dan satu baik dari Jurusan OTKP dan AKL.
Perpisahan ini bertema, " SMK bisa, SMK hebat dalam mewujudkan Generasi Emas yang Berkharakter"

Acaranya sangat semarak dan meriah. Diadakan pada pukul 08.30 wib sampai dengan pukul 14.00 wib. Di semarakkan oleh penampilan para siswa/i baik itu dari seni tari, musik dan lagu, drama musikal dan juga penampilan atraktif lainnya yang di bawakan oleh para peserta didik SMK Nur Azizi Tanjung Morawa.


Pada sesi Pembinaan oleh Kepala Sekolah Ibu Rita Andriani Sitorus, S. Sos, disampaikan tentang : 
1.  Laporan kepada Bapak ketua yayasan ada 2 siswa  yang lulus di SNMPTN di UINSU An. Rezeki Bintang (Fakultas Ilmu Komunikasi) dan Priangga Pratama (Fakultas Teknik Sistem Informasi) , yang belum lulus silahkan di coba di SMBPTN jika tidak lulus lanjut di swasta. Laporan berikutnya  siswa smk kompetensi keahlian Akuntansi sebanyak 24 orang  dari 97 orang yang ikut dinyatakan kompeten/lulus dalam UKK Program LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) Badan Standard Nasional Pendidikan (BNSP)  dan akan mendapatkan Sertifikat Berlogo Garuda Emas yang menyatakan pemilik sertifikat ini  telah kompeten sebagai Teknisi Akuntansi Yunior dan Sertifikat ini berlaku se Asean ( (Anggota Negara MEA) . Dua orang siswa kelas XII lulus sebagai Finalis Indonesia Youth Icon (IYI) atas nama Rezeki Bintang dan Khairul Fahmi Siregar. Satu orang siswa berhasil meraih Juara I Nasional O2SN Bidang Badminton atas nama Aldy Prasetyo.
2.  Kepala Sekolah Menjelaskan Tentang tema perpisahan, apa itu generasi emas yaitu generasi yang siap menghadapi perubahan global. Generasi Milineal, Generasi Abad 21, Generasi yang hidup dalam persaingan yang cukup ketat bukan hanya bersaing dengan tenaga kerja lokal tetapi dengan tenaga kerja aseng dan asing. Untuk itu pesan Bu Rita Andriani Sitorus, Persiapkan diri kalian sebaik-baiknya. Ada 3 komponen yang mendasar yang harus disiapkan, yang harus ada pada diri siswa  saat ini :

  1. Kharakter/Akhlak, ini diakui dunia bahkan Nabi Muhammad Saw di utus Allah tugas utamanya menyempurnakan Akhlak manusia. Tanpa Kharakter berat dirimu untuk sukses. Kharakter itu ada dua kharakter moral (beriman, taqwa, jujur, rendah hati) dan kharakter kinerja (ulet, tangguh, mandiri, disiplin, tak mudah menyerah). Karakter ini harus dimiliki seimbang, jangan sampai pincang,misalnya kalian jujur tapi malas, atau disiplin tapi sombong.

Ananda hadapi kenyataan hidup dgn keberanian, jadikan diri kalian teladan di masyarakat, keutamaan moral adlah yang terpenting. Lakukan hal-hal baik yang bisa kalian lakukan.

 Kalian tidak harus melakukan hal yg besar dan luar biasa untuk membuat sesuatu menjadi lebih baik. Kalian bisa memulainya dari hal-hal yang kecil dan sederhana, Ciptakan Kharakter2 positif pada dirimu, pertahankan kharakter2 positif tsb jgn sampai hilang karena apabila kita kehilangan kharakter itu berarti kehilangan segalanya. Lanjut isi pembinaan beliau

 2. Kompetensi ( Kemampuan), untuk bisa menjadi generasi emas kalian harus memiliki 4 kompetensi ini yaitu : berpikir kritis, kreatif ( lakukan banyak hal, berani mencoba, berani berwirausaha).

Ibu Rita  mengajak siswa untuk berani berwirausaha, berdagang dalam hadist dinyatakan Allah membukakan 10 pintu rezeki kepada manusia 9 diantaranya melalui perdagangan, komunikatif dan kolaboratif (bisa bekerja sama). Keempat hal inilah yang menjadi tujuan bapak/ibu guru dalam pembelajaran siswa  ditambah beraklak yang disebutkan Ibu Rita  tadi.

 3. Literasi ( Keterbukaan wawasan), tingkatkan minat dan daya baca, tingkatkan kemampuan membaca peluang, kemampuan menganalis , literasi media, literasi budaya, literasi financial dan  Literasi bahasa miliki kemampuan bahasa asing terutama bahasa Inggris dan bahasa Arab.

 

Semoga acara ini dapat di lanjutkan pada tahun depan dengan penampilan yang lebih semarak lagi dan dengan atraksi yang luar biasa dari para peserta didik sekalian.

Semua ini tidak luput dari pembinaan Kepala Sekolah SMK Nur Azizi Tanjung Morawa, Ibu Rita Andriani Sitorus S. Sos. Dan juga para guru - guru SMK yang handal dan juga kompeten serta didukung oleh para peserta didik yang telah ikut membantu pelaksanaan acara perpisahan ini. Tanpa mereka semua, acara ini tidak akan terselenggara dengan baik. dan yang pastinya berkat Allah SWT.

Lihat juga :Galeri Photo 

Lihat Juga: Pidato Kepala SMK Nur Azizi Tanjung Morawa