BERITA
You are here : Home Detail Berita Strategi dalam menghadapi Beasiswa Internasional termasuk Beasiswa Pendidikan Indonesia LPDP Kemenkeu
Strategi dalam menghadapi Beasiswa Internasional termasuk Beasiswa Pendidikan Indonesia LPDP Kemenkeu

Strategi dalam menghadapi Beasiswa Internasional termasuk Beasiswa Pendidikan Indonesia LPDP Kemenkeu :

  1. Mantapkan dan pertajam visi hidup kamu. Kalian mau jadi apa kedepan, dimana, kapan, akan berkontribusi pada orang sekitar dengan cara bagimana dan kenapa harus lanjut studi dengan beasiswa serta banyak indikator life plan yang harus diperjelas. Hal inilah yang akan tertuang dan dinilai dalam essay beasiswa dan saat seleksi wawancara. Dalam hal ini termasuk harus ada kejelasan kenapa kamu pilih beasiswa ini, mau kuliah di kampus ini dan negara itu.
  2. Pilih beasiswa yang sesuai dan pahami visi, misi serta panduan lengkap beasiswa tersebut. Terkadang banyak pemburu beasiswa malas membaca dengan baik web atau panduan beasiswa yang sebenarnya telah tersedia.
  3. Luangkan waktu khusus untuk melengkapi seluruh persyaratan beasiswa. Info strategi seleksi beasiswa dalam tahapan administrasi dan proses awal bisa di baca DISINI
  4. Mendapatkan surat rekomendasi dari profesor/ ketua prodi/ dekan/ pembimbing akademik yang mengenal kita dengan baik. Bagi yang sudah bekerja bisa meminta surat dari atasan/ manager. Sangat baik juga jika mengenal tokoh nasional/masyarakat yang beliau mengenal kita dengan baik dan kita meminta beliau untuk menuliskan rekomendasi untuk anda.
  5. Dapatkan LoA sebelum seleksi beasiswa dimulai. Calon penerima beasiswa dalam seleksi sudah mempunyai LoA Unconditional akan mempunyai nilai lebih karena mereka telah siap untuk kuliah. Silahkan baca info lengkapnya cara mendapatkan LoA bisa baca DISINI
  6. Tuliskan essay beasiswa dengan baik. Berikut tips menulis essay beasiswa bisa di baca DISINI
  7. Pastikan kamu memenuhi & mengirimkan semua syarat & berkas administrasi yang diminta dengan tepat waktu jangan melebihi batas waktu submit administrasi. Jika bisa Minus 1 minggu anda sudah submit data.
  8.  Penuhi syarat minimal nilai TOEFL ETS 550 atau IELTS 6.5.
    Bagi yang baru ingin berjuang persiapan TOEFL/IELTS berikut link kursus online gratis bersama Englishforall.id atau bisa dilihat juga di blog ini silahkan klik “Artikel Strategi  TOEFL” dan  “Artikel Strategi IELTS”.
  9. Gali dan kembangkan pengalaman kerja, kegiatan sosial, organisasi, maupun karakter-karakter diri kamu yang mampu membuktikan jiwa/potensi kepemimpinan kamu, pada level apapun. Jangan remehkan pengalaman berorganisasi kamu di kampung, HIMA, atau bisnis keluarga kamu. Sesederhana apapun pengalaman kamu dan sekecil apapun lingkup lingkungan kamu, tuliskan dan yakinkan bahwa kamu adalah seorang “Pemimpin”.
  10. Gali dan ajukan topik-topik penelitian atau rencana studi yang strategis bagi kepentingan orang banyak (bukan hanya sekedar kepentingan ambisi studi pribadi kamu), inovatif, implementatif, bahkan usahakan gali sisi kepentingan penelitian atau rencana studi kamu bagi kepentingan nasional Indonesia.
  11. Jangan sekali-kali berbohong atau memalsukan data, karena kepribadian kamu khususnya integritas diri kamu juga faktor utama penentu Interviewer meloloskan aplikasi beasiswa kamu.
  12. Sebelum menghadapi “Interview Beasiswa” silahkan untuk latihan dan terlebih dahulu mengumpulkan pertanyaa-pertanyaan interview yang sering keluar. Kemudian kita coba jawab dengan versi jawaban sendiri. Berikut 15 contoh pertanyaan interview beasiswa yang sering keluar klik DISINI

Bersumber dari tulisan 1) Tony D Susanto, Ph.D. 2015. Tahapan Seleksi Beasiswa LPDP& Strategi Umum Lolos Beasiswa. 2) Ade Suyitno. 2016. Strategi Lolos Beasiswa dan Masuk Universitas Favorit. 3) Fakinah Nailan Edward. 2016. Strategi Beasiswa dan Info Link Beasiswa Internasional Fully Funded. Tulisan lengkap fakinah edward tentang beasiswa bisa dibaca dengan lengkap di https://kikyedward.com/. dan englishforall.id

 

(M.Hari.K)